Bahan Belajar dari Rumah Kelas V, Tema 4, Sub Tema 1
BAHAN
BELAJAR DARI RUMAH SISWA KELAS 5
Tema : 4. Sehat Itu Penting
Sub Tema : 1. Peredaran Darahku Sehat
Pelajarilah Buku Siswa
Kelas 5, Tema 4, Sub Tema 1, dengan didampingi oleh orang tuamu !
Materi
1 : Hak, Kewajiban, dan Tanggung Jawab
Hak
adalah segala sesuatu yang didapatkan oleh manusia sejak lahir dan
penggunaannya tergantung kepada diri sendiri.
Contoh : hak memiliki
tubuh yang sehat
Kewajiban
adalah segala sesuatu yang harus dilaksanakan oleh seseorang,
Contoh : menjaga kesehatan
tubuh
Tanggung Jawab
adalah sesuatu yang harus dilakukan sebagai balasan atas perilaku yang telah
kita lakukan.
Contoh : makan makanan
sehat dan bergizi serta olahraga yang teratur agar tubuh sehat.
Jika ingin
memperoleh hak, maka kamu harus melaksanakan kewajiban terlebih dahulu.
Tanggung jawab
merupakan kesadaran melaksanakan kewajiban.
Contoh pelaksanaan
hak, kewajiban, dan tanggung jawab di lingkungan masyarakat :
Kita memiliki hak
untuk menikmati lingkungan yang bersih dan sehat, namun untuk memperoleh hak
tersebut, kita harus melaksanakan kewajiban kita dengan menjaga
kebersihan lingkungan, caranya adalah bergotong royong membersihkan lingkungan
secara teratur dengan penuh tanggung jawab.
Contoh pelaksanaan
hak, kewajiban, dan tanggung jawab di lingkungan sekolah :
a.
Siswa berhak
memperoleh nilai yang bagus saat ujian, kewajiban siswa adalah belajar, dan
tanggung jawab siswa adalah belajar dengan rajin dan bersungguh-sungguh.
b.
Siswa berhak
belajar di kelas dengan tenang, kewajiban siswa adalah menjaga ketertiban
kelas, dan tanggung jawab siswa adalah tidak membuat kegaduhan di kelas.
Tugas
BDR 1
Tulislah contoh
pelaksanaan hak, kewajiban, dan tanggung jawab di lingkungan rumah!
Materi
2 : Pantun
Pantun merupakan
salah satu seni merangkai kata. Pantun dapat digunakan untuk mengungkapkan perasaan
seseorang mengenai suatu kejadian atau peristiwa yang dialaminya.
Pantun juga
merupakan salah satu bentuk puisi Indonesia (Melayu, akan tetapi pantun
memiliki ciri khas sehingga berbeda dengan bentuk puisi lainnya.
Rambutku lebat rambutku subur
Tidak dapat dipasang jepitan
Tubuhku sehat kuucap syukur
Darah mengalir tanpa hambatan
Ciri khas pantun :
a.
Bersajak a – b – a
– b
b.
Terdiri atas 4
baris dalam 1 bait
c.
Setiap baris
terdiri atas 8 – 12 suku kata
d.
Terdiri atas dua
bagian, yaitu sampiran (baris 1 dan 2) dan isi (baris 3 dan 4)
Berdasarkan isinya,
pantun dibedakan sebagai berikut.
a. Pantun
jenaka adalah pantun yang berisi hal-hal lucu dan menarik
b. Pantun
nasihat adalah pantun yang berisi nasihat dengan tujuan mendidik dan memberikan
nasihat moral, budi perkerti, dan lainnya.
c. Pantun
teka-teki adalah pantun yang berisikan teka teki dan pendengar atau pembaca
diberi kesempatan untuk menjawab atau membalas teka-teki pantun tersebut.
d. Pantun
kiasan adalah pantun yang berisi perumpamaan atau ibarat, biasa digunakan untuk
menyampaikan suatu hal secara tersirat.
Berdasarkan usia,
pantun dibedakan menjadi :
a.
Pantun anak-anak,
Contoh :
Terbang rendah burung
kutilang
Hinggap di dahan sambil
menoleh
Hatiku senang tidak
kepalang
Ayah pulang membawa
oleh-oleh
b.
Pantun usia muda,
Contoh :
Hujan turun rintik-rintik
Ada gubug di tepi sawah
Wahai dinda berwajah
cantik
Bolehkah kanda main ke
rumah
c.
Pantun orang tua.
Contoh :
Enak benar tinggal di
Batujajar,
Segar udaranya, indah, dan
permai,
Anak sekolah rajinlah
belajar,
Agar cita-citanya kelak
tercapai.
Perhatikan contoh pantun
berikut !
Bawa paku dan juga palu
Digunakan untuk buat pagar
Olahraga rutin sangat
perlu
Tubuh jadi kuat dan bugar
Isi atau makna pantun di atas adalah
anjuran pentingnya berolahraga rutin agar tubuh menjadi kuat dan bugar.
Tugas
BDR 2 !
Jelaskan
isi atau makna pantun-pantun berikut !
1. Menanam
bunga bersama mama
Tanam di pot dibuat bonsai
Bekerja samalah dengan sesama
Agar pekerjaan cepat selesai
2. Minum
teh selagi hangat
Tambah gula bolehlah juga
Kawan semua selalulah ingat
Kesehatan sangatlah berharga
Materi
3 : Organ Peredaran Darah
A. Organ Peradaran Darah Manusia
Sistem peredaran
darah manusia adalah mengalirnya darah yang dipompa oleh jantung di dalam
tubuh.
Sistem peredaran
manusia terdiri dari jantung, pembuluh darah, dan darah.
1) Jantung
dan Pembuluh Darah
Jantung adalah organ tubuh
manusia yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung terletak di dalam rongga dada sebelah
kiri. Ukuran jantung kira-kira sebesar kepalan tangan pemiliknya. Jantung
tersusun atas kumpulan otot-otot yang sangat kuat yang disebut miokardium.
Jantung terdiri atas empat ruang, yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik
kanan, dan bilik kiri.
Cara jantung memompa darah
ke seluruh tubuh yaitu dengan melakukan proses kontraksi (menguncup) dan
relaksasi (mengembang) secara berulang-ulang. Ketika serambi jantung berelaksasi,
darah sari seluruh tubuh masuk ke serambi kanan, sedangkan darah dari paru-paru
masuk ke serambi kiri. Ketika serambi jantung berkontraksi, darah dari serambi
kanan masuk masuk ke bilik kanan, sedangkan darah dari serambi kiri masuk ke
bilik kiri. Pada saat bilik jantung berkontraksi, darah dari bilik kanan menuju
paru-paru, sedangkan darah dari bilik kiri menuju ke seluruh tubuh.
Antara bagian kanan dan
kiri jantung dibatasi oleh sekat jantung yang disebut katup jantung. Katup
jantung berfungsi untuk mencegah bercampurnya darah yang mengandung oksigen
dengan darah yang mengandung karbon dioksida. Otot penyusun bilik jantung lebih
tebal daripada otot pada serambi jantung. Hal ini disebabkan tugas bilik
jantung lebih berat. Tugasnya, yaitu memompa darah keluar dari jantung ke
seluruh bagian tubuh.
Ketika mengalir dari jantung
ke seluruh tubuh atau sebaliknya, darah berada
dalam pembukuh darah.
Pembuluh darah
terdiri dari tiga jenis,
yaitu :
1)
Arteri, pembuluh
yang dialiri darah dari
jantung ke sleuruh tubuh
dan paru-paru.
2)
Kapiler, pembuluh
yang dialiri darah dari
sel-sel tubuh.
3)
Vena, pembuluh yang
dialiri darah dari
seluruh tubuh dan
paru-paru menuju
kembali ke jantung
Tabel
perbedaan antara arteri dan vena
No. |
Arteri |
Vena |
1 |
Terletak di bagian dalam tubuh |
Terletak dekat dengan permukaan tubuh
(tampak kebiru-biruan) |
2 |
Dinding pembuluh tebal, kuat, dan elastis |
Dinding pembuluh tipis dan tidak elastis |
3 |
Aliran darah berasal dari jantung |
Aliran darah menuju jantung |
4 |
Denyut terasa (seirama denyut jantung) |
Denyut tidak terasa |
(1) Peredaran
darah besar
Adalah peredaran darah
yang mengalir dari jantung ke
seluruh tubuh, lalu
kembali ke jantung.
(2) Peredaran
darah kecil
Adalah peredaran darah
yang mengalir dari jantung ke paru-paru, lalu kembali lagi ke jantung.
Arteri paru-paru |
Arteri paru-paru |
2)
Darah
Darah tersusun dari plasma darah dan
sel-sel darah. Plasma darah tersusun dari air dan zat-zat yang terlarut.
Sel-sel darah terdiri atas sel darah merah (eritrosit), sel darah putih
(leukosit) dan keping darah (trombosit)
Fungsi darah di antaranya adalah :
1)
Mengedarkan zat
makanan ke seluruh tubuh (dilakukan oleh plasma darah)
2)
Mengangkut oksigen
ke seluruh tubuh (dilakukan oleh sel
darah merah)
3)
Membasmi kuman yang
masuk ke dalam tubuh (dilakukan oleh sel darah putih)
4)
Menutup luka
(dilakukan oleh keping-keping darah).
B.
Peredaran
darah Hewan
Secara
umum, sistem peredaran darah pada hewan dibagi dua bagian, yaitu : ada
peredaran darah terbuka dan tertutup. Pada sistem peredaran darah terbuka,
tekanan darah yang dihasilkan dari kontraksi jantung cukup rendah oleh karena
itu sari makanan yang terdorong akan mengalir lebih lambat. Contoh sistem peredaran
darah terbuka terdapat pada cacing dan serangga seperti belalang.
Sistem
peredaran darah tertutup, jantung akan memompa darah secara terus-menerus,
sehingga tekanan yang didapatkan tetap stabil. Hal ini akan mendorong darah
keluar dengan lebih kuat dari pembuluh darah dan memasuki organ jantung dengan
kecepatan yang baik. Dalam sistem peredaran dartertutup, darah akan mengalir
mulai dari jantung menuju ke wilayah pembuluh kapiler dan kembali lagi ke organ
jantung hewan. Sistem peredaran dartertutup memiliki sejumlah kelebihan
dibandingkan sistem peredaran terelebihan sistem peredaran darah terbuka antara
lain darah mengalir lebih stabil sehingga tekanan dalam pembuluh darah hewan
juga ikut stabil. Hewan yang memiliki sistem peredaran darah tertutup adalah
kelompok vertebrata. Contohnya katak, ikan, reptil, dan burung.
Amatilah gambar berikut.
Bagian-bagian jantung pada burung. Peredaran darah burung.
Perhatikan
gambar di atas. Ternyata jantung burung mempunyai bagian-bagian yang sama
seperti jantung manusia. Vertebrata ini mempunyai jantung yang terdiri atas
empat ruang. Ada atrium (serambi) kanan, atrium serambi kiri, ventrikel (bilik)
kanan, dan ventrikel (bilik) kiri.
Tugas
BDR 3 !
Gambarlah
jantung manusia dan tulislah nama bagian-bagiannya !
Materi
4 : Interaksi Sosial
Manusia hidup dalam
lingkungan tertentu. Lingkungan adalah ruang yang ditempati oleh makhluk hidup
dan benda tidak hidup. Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari
lingkungannya, baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Manusia tidak
bisa hidup sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia pasti membutuhkan
orang lain. Secara kodratnya, setiap manusia akan berinteraksi. Intersaksi
antar indivisi, individu dengan kelompok.
Interaksi tersebut dinamakan interaksi sosial.
Perhatikan contoh
inetraksi sosial berikut !
Jenis interkasi
sosial :
(1) Interaksi
antarindividu (interaksi antara dua orang), contoh : dokter mengobati pasien
yang berobat.
(2) Interaksi
individu dengan kelompok (interaksi antara seseorang dengan kelompok), contoh :
siswa membaca puisi di depan teman-temannya.
(3) Interkasi
kelompok dengan kelompok (interaksi antara dua kelompok), contoh : lomba tarik
tambang antara dua tim
Interaksi sosial
penting dilakukan oleh setiap individu. Mengapa demikian? Karena dengan
melakukan interaksi sosial, individu dapat mencukupi semua kebutuhan hidupnya.
Contoh, saat kamu makan nasi, tentu nasi yang di makan berasal dari beras.
Beras berasal dari padi yang ditanam petani. Sebelum menjadi beras, padi
digiling oleh orang lain. Bahkan, nasi yang di makan merupakan masakan orang
lain. Selain untuk memenuhi kebutuhan hidup, interaksi juga merupakan sarana
untuk mencapai tujuan bersama.
Interaksi sosial
tidak selamanya mengarah kepada kebersamaan atau persatuan. Oleh karena itu,
interaksi sosial dibedakan menjadi dua (2) yaitu.
(1) interaksi
yang mengarah ke persatuan,
(2) interaksi
yang mengarah ke perpecahan.
Masyarakat
Indonesia yang hidup tersebar di berbagai wilayah Indonesia memiliki beragam
karakteristik. Karakteristik antara satu wilayah dengan wilayah lainnya
berbeda-beda. Perbedaan tersebut
mencakup aspek seni, ekonomi, sosial, budaya, maupun politik. Oleh karena itu,
setiap warga negara Indonesia hendaknya menjaga interaksi yang baik. Perbedaan
tersebut dapat mendukung pembangunan
nasional.
Setiap warga negara
hendaknya memahami bahwa perbedaan merupakan kodrat dari Tuhan Yang Maha Esa.
Oleh karena itu, kamu harus mengelola perbedaan tersebut menjadi suatu
kekuatan. Ada tiga teori sosial budaya di Indonesia yang hingga kini berlaku di
masyarakat yaitu musyawarah, paternalistik, dan gotong royong. Budaya ini
apabila dikembangkan akan mendukung pembangunan nasional. Selain itu,
musyawarah, paternalistik, dan gotong royong juga akan mendukung ketahanan
aspek sosial budaya yang tangguh.
Tugas
BDR 4 !
Lengkapilah
tabel berikut !
No. |
Jenis interaksi sosial |
Contoh interaksi sosial |
1 |
Interaksi antar individu |
|
2 |
Interaksi individu dengan kelompok |
|
3 |
Interaksi kelompok dengan kelompok |
|
Materi
5 : Tangga Nada Mayor dan Minor
Ciri lagu yang mempunyai tangga nada mayor adalah:
1. bersemangat,
2. riang gembira,
3. biasanya diawali dan diakhiri dengan nada Do = C,
4. mempunyai pola interval 1–1–½–1–1–1–½ .
Contoh lagu bertangga nada mayor antara lain Maju Tak
Gentar, Halo-Halo Bandung, dan Garuda Pancasila, Bintang Kecil.
Ciri lagu yang mempunyai tangga nada minor adalah:
1. kurang bersemangat,
2. bersifat sedih,
3. biasanya diawali dan diakhiri dengan nada La=A.
4. mempunyai pola interval 1, ½, 1, 1, ½, 1, 1.
Contoh lagu bertangga nada minor, antara lain Syukur,
Tuhan, dan Gugur Bunga.
Tugas BDR 5!
Sumber :
1.
Buku Guru Kelas 5 Tema 4 Revisi 2018, Kemdikbud
2.
Buku Siswa Kelas 5 Tema 4 Revisi 2018, Kemdikbud
3. Buku Penilaian, BUPENA Jilid 5B, Penerbit
F
Komentar
Posting Komentar